Pompa Air Sangat Berperan dalam Mengatasi Banjir di Indonesia

Tanggal :17/05/2022 14.11.00 Penulis : Surya

Peran Pompa Banjir Dalam Mengatasi Banjir di Indonesia

Pompa Banjir adalah jenis pompa air yang umum di gunakan untuk menanggulangi permasalahan banjir. Banjir merupakan bencana alam yang paling sering terjadi di Indonesia. Definisi banjir adalah keadaan dimana suatu daerah tergenang oleh air dalam jumlah yang besar. Kedatangan banjir dapat diprediksi dengan memperhatikan curah hujan dan aliran air. Namun kadangkala banjir dapat datang tiba-tiba akibat dari angin badai atau kebocoran tanggul yang biasa disebut banjir bandang.

Pemerintah terus berupaya mengatasi banjir yang melanda sejumlah wilayah. Jangka pendek, terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/ kota maupun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), untuk optimalisasi pompa banjir. Untuk rencana jangka pendek optimalisasi pompa banjir menjadi penting untuk mempercepat pengurangan genangan. Disamping itu semua program normalisasi, naturalisasi, sumur resapan, peningkatan pompa stasioner, pompa mobile, dan underpass sudah dibuat, bahkan juga program - program lain di antaranya, pengerukan sungai, kali, membuat waduk, situ, embung, melakukan pembuatan sodetan dilaksanakan secara baik.
 

Pompa Celup Membantu Mengatasi Banjir di Rumah

Pompa air celup (submersible pump) merupakan tipe pompa air yang memakai sistem pembedahan sentrifugal. Ialah mengganti tenaga kinetik dari air jadi tenaga potensial yang beranjak kepermukaan lewat Impeller yang beranjak memutar didalam casing pompa air alhasil air bisa terdorong pergi oleh putaran itu.

Pompa banjir yang memiliki fungsi untuk membuang genangan air jadi amat berarti di saat musim hujan. Banjir besar yang terjadi akhir - akhir ini di Jakarta membuat semua pihak mengetahui perlunya mempunyai pompa celup yang standby di basement bangunan, bangunan dasar tanah, tempat parkir underground, selokan pada industri, halaman rumah, serta lain- lain. Pompa banjir jenis ini dapat dihidupkan secara otomatis ketika air mulai menggenang lalu mati sendiri ketika air yang tergenang sudah hilang. Pompa air ini sangat efisien dalam menanggulangi banjir baik untuk area industri maupun perumahan. Tidak hanya itu, pompa celup juga efektif di gunakan untuk memompa lumpur serta sistem pengairan.

Lalu Apa Itu Pompa Hisap Banjir?

Perbedaan utama antara pompa pengisap banjir dan pompa submersible adalah bahwa pompa hisap yang dibanjiri diberi makan gravitasi dan dipasang di luar tangki atau hopper yang menampung bubur atau cairan. Pompa hisap banjir biasanya diposisikan di bagian bawah atau di bawah tangki atau hopper sehingga gravitasi akan terus memberi makan cairan pompa saat pompa sedang beroperasi. Pompa hisap banjir dapat digunakan di banyak aplikasi pompa yang berbeda.
 

Apa Keuntungan Menggunakan Pompa Hisap Banjir?

- Kondisi pompa selalu prima
- Lebih efisien
- Pemeliharaan dan aksesibilitas yang mudah

Apakah Pompa Banjir Hanya Dapat Digunakan Untuk Menanggulangi Banjir?

Aplikasi pompa banjir dapat ditemukan di sebagian besar industri. Setiap kali ada kebutuhan untuk menempatkan pompa sedemikian rupa sehingga cairan yang akan dipompa ditempatkan di atas pompa, dan pompa tidak terletak di dalam cairan pemompaan (aplikasi submersible), ini akan dianggap sebagai aplikasi suction yang tergenang. Pompa banjir PT. Menara Asia Global ideal untuk aplikasi penghisap banjir untuk memompa bubur, padatan tinggi, bahan yang sangat kental, abrasif tinggi (pasir & kerikil), dan bahan yang diisi dengan padatan. Untuk melihat produk pompa apa saja yang kami miliki Anda bisa akses website kami di pompamag.com atau bisa segera hubungi kami sekarang juga!

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English